my pregnancy

Lilypie Pregnancy tickers

Till Death do us part

Daisypath Anniversary tickers

Tuesday, December 21, 2010

Review - Siraman

Siraman berlangsung tanggal 23 October 2010 setelah pengajian..beginilah rupanya ketika saya di gebyur..alhamdulillah gak kedinginan...

Sebelum pengajian dan siraman berlangsung, di adat jawa ada yg namanya Pasang Bleketepe (kl gak salah ya namanya..hehehe).. jadi si papa masang kayak umm apa ya..gw jadi bingung jelasin nya semacam daun pisang kali ya yg di buat sedemikan rupalah untuk di taro di langit2 pintu utama rumah..kemudian ada pasang tuwuhan juga, pasang semacam padi-padi, pisang, dsb lah..
Untuk lebih jelas nya liat di gambar aja ya..

pasang bleketep dan tuwuhan
Pengajian dan Siraman, 23 October 2010

Kemudian setelah pasang memasang alat-alat itu, baru di lanjutkan dengan pengajian..(prosesi pengajian bisa diliat di post sebelumnya), setelah pengajian, sebelum siraman, gw disuruh sungkem niy, sebagai bentuk permohonan maaf gw dan minta doa restu kepada ortu dan sesepuh yg ada..

Dan Setelah itu, beginilah prosesi ketika Siraman nya..silakan di liat dan simak baik-baik prosesi siraman ku..(ketauan banget orang yg males nulis..cuman ngasih foto yg kecil kecil kayak upil..hehehhe)


nuang air siraman

Air Siraman di ambil dari 7 Sumber Mata Air (pls ignore botolnya ya..hahahha..itu hanya wadah, airnya bukan di ambil dari tempat-tempat yg ada di botol itu).
Air 7 Sumber nya berasal dari : Air rumah gw sendiri (ini Air Hangat yg dituang..biar gak terlalu dingin nanti di gebyurin ke gw); Air Mesjid Istiqlal, Mesjid di UI, Mesjid di deket Rumah, 2 Mesjid di daerah Pondok bambu, sama Air Zam Zam.

prosesi siraman berlangsung

Siraman berlangsung sekitar pukul 15.00 gak terlalu siang gak terlalu sore lah..kalau adat jawa, yg mengguyur untuk siraman harus berjumlah ganjil..jadi ada sekitar 9 orang yg nyiramin gw, but not included my mom and dad ya..ada eyang putri, saudara papa, saudara mama, perwakilan ibu-ibu komplek, dan terakhir di tutup oleh si Dukun Manten, bude gw sendiri..


Souvenir Siraman

Ibu-ibu yg nyirami di haturi souvenir Siraman..souvenir siraman gw beli di Tanah abang (see my previous post)..isi nya mukena..dan tas nya gw beli di Jatinegara, gak mahal lhooo..
pecah kendi

Setelah ibu-ibu dengan sukses nya mengguyur gw, kemudian bapak dan emak'e memecahkan kendi (jgn melihat dari apa yg dipecahkan diatas ya..hihi..ada tragedi kelupaan membawa kendi..hahahah) arti dari memecah kendi adalah wis pecah pamor anak gadis'e..hihihihi...

peralatan siraman dan dekorasi siraman

Setelah memecah kendi, gw dibasuh dan di pakaikan kimono, setelah itu gw dibawa ke kamar pengantin untuk ganti baju dan dikerik..sementara emak bapake jualan dawet (dodol dawet) dan potong tumpeng..setelah tumpeng di potong, masuklah kekamar gw untuk dulangi gw terakhir kali nya, dan gw menyebutkan berapa banyak hasil dari jualan dawet tadi.. oh iya..ada juga pelepasan ayam..just see my mom ketika dia pegang ayamnya..ahahhaha..


all pictures taken by Maknafoto

5 comments:

  1. eh,,,bleketepe tuh daun kelapa yg dianyam gitu,,,bukan daun pisang...hehehehe

    oya,,,abis siraman kamu gak dibopong ma bapakmu ya???
    aku kmaren make dibopong juga,,,takut jatuh euy...hehehehe

    ReplyDelete
  2. Ohmaygat, gue cukup ngakak ngeliat bokap lo bukan mecah kendi, tapi teko teh yang manis sekali hihihihi.

    ReplyDelete
  3. @Lei : lo kudu tau expresi nyokap gw ketika disuruh pecah tuh teko..hahahhaha..gw aja sampe yg bengong seribu bengong..bokap gw jg berkali kali liatin tante gw yg dari belakang cekikikan gak jelas..karena gak tau ada apa ko tiba2 teko yg disodorin..hahahhaha

    @Riesta : eh iyaa..daun kelapa..hahahahha...habis siraman ada yg di bopong, cumannn karena takut besoknya bapak gw ntar boyoknya langsung encok pegel linu, jadi nya gw megang bahu sama pinggangnya dia sebagai pengganti pembopongan...daripada gw besok nya gak jadi nikah?!!! hayooo..hahahhahah

    ReplyDelete
  4. Dear brides and grooms to be
    Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
    Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music & entertainment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik dalam membantu dari awal hingga di hari Bahagia akang teteh
    Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

    For more info and detail call :
    Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
    Jl. Gatot Subroto No. 96 Bandung.
    Giyan : 082261170022 (WA)
    INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad

    See u brides and grooms to be!
    -HIS Wedding Venue Organizer-

    ReplyDelete

Daisypath Wedding tickers